Rahib dan Dirinya

Ada kisah yang mengungkapkan, seorang rahib hidup di padang gurun Mesir, yang begitu tersiksa oleh godaan, hingga ia tidak dapat tahan lebih lama lagi. Maka ia memutuskan meninggalkan pertapaannya dan pergi ke tempat lain.

Ketika ia mengenakan sandal utk melaksanakan niatnya, ia jug amelihat rahib lain, tidak jauh dari tempatnya berdiri, yang juga mengenakan sandalnya.

"Siapa engkau itu?" ia bertanya kepada rahib asing itu.

"Aku ini engkau sendiri," jawabnya. "Jika karena aku, engkau meninggalkan tempatmu, baiklah engkau ketahui bahwa kemana pun engkau pergi, aku akan mengikuti engkau."

Pasien putus asa berkata kepada psikiater, "Ke mana pun aku pergi aku membawa diriku sendiri dan itu mencemari segala."

Apa yg engkau hindari - dan apa yg engkau dambakan - keduanya ada dalam dirimu.

No comments: