Penyelenggaran Illahi Dalam Tiga Perahu Penyelamat

Seorang imam di muka meja dekat jendela menyiapkan khotbah tentang Penyelenggaraan Tuhan, ketika ia mendengar sesuatu seperti ledakan. Segera ia melihat orang lalu lalang berlari-lari dalam kepanikan dan menemukan, bahwa bendungan telah meledak, sungai meluap dan rakyat sedang diungsikan.

Imam melihat air semakin tinggi di jalanan di bawah. Ia merasa sedikit sulit menekan rasa panik yang mencekam, tetapi ia berkata: "Di sini aku sedang menyiapkan khotbah tentang Penyelenggaraan Tuhan, dan aku mendapat kesempatan untuk mempraktekkan khotbahku. Aku tidak akan lari seperti lainnya. Aku akan tetap tinggal di sini dan percaya akan penyelenggaran ilahi untuk menolong aku."

Ketika air sudah sampai jendela, perahu penuh orang lewat. "Naiklah, pastor," teriak mereka. "Ah tidak anak," kata Pastor penuh percaya. "Aku percaya Penyelenggaraan Tuhan akan menolong aku."

Pastor memang betul naik ke atap, tetapi ketika air sampai di sana, seperangkat orang dalam perahu lewat, mendesak pastor naik, sekali lagi ia menolak.

Kali ini ia naik ke puncak menara lonceng. Ketika air sampai di lututnya, seorang petugas dalam perahu motor dikirim untuk menolongnya. "Terimakasih, saudara," kata Pastor dengan senyum tenang. "Aku percaya kepada Tuhan, Ia tidak akan meninggalkan aku."

Ketika pastor tenggelam dan naik ke surga, pertama-tam yang ia lakukan ialah mengeluh kepada Tuhan. "Aku percaya kepada-Mu. Mengapa Engkau tidak berbuat apa-apa untuk menolong aku."

"Ah," kata Tuhan. "Aku sudah mengirim perahu tiga kali."

No comments: