Keahlian Tuhan itu Mengampuni

Kebiasaan orang Katolik itu mengakukan dosanya kepada imam dan mendapatkan pelepasan darinya sebagai tanda pengampunan Tuhan. Nah, kerapkali lalu timbul bahaya, bahwa orang yang mengaku menganggap hal ini sebagai jaminan, tanda bukti yg akan melindungi mereka dari pembalasan Allah, dan dengan demikian lebih percaya pada pelepasan oleh imam daripada belaskasih Tuhan.

Perugini, seorang pelukis Italia dari Abad Pertengahan juga tergoda berbuat itu menjelang ajalnya. Ia memutuskan tidak mau mengaku jika, dalam ketakutan itu, ia hanya berusaha menyelamatkan jasadnya. Itu akan merupakan skrilegi dan hujatan kepada Tuhan.

Istrinya, yang tidak tahu apa-apa mengenai keadaan jiwa suaminya, bertanya kepadanya, apakah ia tidak takut mati tanpa pengakuan. Perugini menjawab : "Pandanglah itu demikian, bu : Keahlianku melukis dan aku menjadi ulung sebagai pelukis. Keahlian Tuhan itu mengampuni, dan jika Ia sungguh ahli yang baik, seperti aku ahli lukis yang baik, aku lalu tidak melihat alasan untuk takut."

No comments: